Kursus AC Mobil : Mengenal Komponen AC Mobil

Bagi kamu yang ingin mengikuti kursus AC mobil, sebaiknya bekali diri kamu dengan beberapa informasi terkait AC mobil. Meskipun nantinya kamu akan mendapatkan hal tersebut selama mengikuti kursus, namun tidak ada salahnya membekali diri lebih awal untuk mengenal bagian-bagian dari AC mobil.
Sebelum kelas kursus AC mobil dimulai, kamu bisa mencari tahu dulu komponen AC mobil. Setidaknya ada 15 komponen yang perlu kamu tahu namanya serta bagaimana cara kerjanya. Semua komponen tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu komponen yang termasuk dalam komponen mekanikal Ac mobil dan komponen yang termasuk dalam komponen elektrikal AC mobil. Semuanya terangkum dalam daftar di bawah ini. 

 1. Kompresor
Kompresor berfungsi untuk menghisap freon dari evaporator yang bersuhu rendah kemudian disalurkan dalam bentuk cair bersuhu tinggi ke kondensor.

 2. Kondensor
Kondensor berfungsi untuk membuang suhu tinggi dari freon yang berasal dari kompresor dengan bantuan motor extra fan.

 3. Receiver dryer atau filter dryer
Tugasnya untuk menyaring partikel halus dan menyerap kandungan uap air yang ada di freon.

 4. Ekspansi valve
Yaitu saluran freon cair bertekanan tinggi dari receiver drier ke evaporator

 5. Evaporator
Tugasnya adalah menyerap hawa dingin untuk kemudian dikeluarkan melalui blower dan menyebar ke seluruh kabin mobil.

 6. Heater
Beberapa negara dengan suhu dingin memiliki komponen heater dalam AC mobil mereka. Jadi udara yang dikeluarkan bukan lagi udara yang dingin, melainkan udara yang panas untuk menghangatkan mobil.

 7. High low pressure switch
Fungsinya adalah untuk melindungi komponen AC mobil ketika terjadi tekanan yang melebihi maksimal, yaitu diatas 450 psi.

 8. Selang dan pipa
Fungsinya adalah sebagai sarana aliran freon ke seluruh komponen AC mobil.

 9. Magnetic clutch
Tugasnya adalah sebagai pemutus dan penghubung kompresor dengan penggeraknya atau putaran mesin. 

 10. Sakelar
Saklar berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan kompresor, serta untuk mengatur kecepatan pada putaran blower di evaporator.

 11. Thermostat
Bertugas sebagai pengatur kerja untuk bagian kompresor AC.

 12. Motor fan kondensor
Motor fan kondensor berfungsi untuk mendinginkan bagian kondensor saat AC bekerja.

 13. Pressure switch
Disebut juga dengan Press Switch, yaitu komponen yang digunakan sebagai pengaman apabila terjadi kebocoran atau adanya tekanan suhu mesin yang tinggi.

 14. Relay
Relay digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke bagian magnetic clutch, blower motor, dan komponen yang lainnya.

 15. Amplifier AC
Amplifier merupakan relay otomatis, yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik yang berasal dari baterai menuju ke bagian magnetic clutch.

Nah, itulah 15 komponen AC yang sebaiknya kamu tahu sebelum ikut kursus AC mobil. Informasi ini bisa menjadi bekal yang baik untuk kamu yang bermaksud mengikuti kursus tersebut agar nanti ketika sudah mulai kelas kursus AC mobil, kamu tinggal mengulang informasi yang sudah kamu ketahui ini. 

Comments