5 Cara Penggunaan AC AC Agar Lebih Hemat Listrik

Tinggal di kota besar dengan iklim udara tropis yang seringkali cukup panas membuat AC menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Saat ini ada banyak pilihan AC yang bisa dipilih untuk penggunaan di rumah Anda, seperti AC Sharp 1 PK atau AC-AC lainnya. Namun, ketika memutuskan untuk memasang AC di rumah, maka Anda juga harus menyiapkan anggaran lebih untuk tagihan listrik rumah Anda. 

Agar tagihan listrik rumah tidak terlalu membengkak, berikut beberapa cara menggunakan AC yang benar agar tidak menghabiskan konsumsi daya listrik Anda. 

Mengatur suhu remote di kisaran 23-26 derajat celcius
Konsumsi daya listrik AC juga dipengaruhi dengan pengaturan suhu yang Anda atur sehari-hari. Jika Anda mengatur suhu di kisaran 16 derajat atau maksimum maka AC akan bekerja maksimal sehingga memerlukan konsumsi listrik lebih banyak. 

Jika udara tidak terlalu panas, lebih baik Anda mengatur suhu di kisaran 23-26 derajat celcius saja dan jangan terlalu sering menggunakan suhu rendah. Suhu di kisaran 23 derajat juga sudah cukup untuk mendinginkan ruangan Anda. 

Menutup ruangan saat menyalakan AC

AC yang berada di ruangan rumah Anda akan bekerja lebih maksimal jika pintu dan jendela ruangan tertutup sehingga sirkulasi udara yang keluar dari AC tidak terbuang sia-sia keluar ruangan dan membuat AC harus terus bekerja semakin keras dan semakin lama. 

Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap konsumsi daya listrik AC tersebut. Agar Anda bisa lebih menghemat listrik, maka pastikan Anda menutup seluruh pintu dan jendela ruangan ketika hendak menyalakan AC.

Beli AC dengan PK yang sesuai dengan ruangan

Setiap PK pada AC dirancang untuk mendinginkan ruangan dengan ukuran tertentu. Semakin tinggi PK AC, maka kompresornya juga akan semakin besar. Jika Anda membutuhkan AC untuk ruangan di rumah Anda yang tidak terlalu besar, maka Anda cukup membeli AC Sharp 1 PK atau A sejenis lainnya agar Anda tidak terlalu memboroskan anggaran listrik. 

Tidak mematikan AC jika hanya keluar ruangan sebentar

Kebanyakan orang berpikir bahwa cara untuk menghemat listrik untuk AC adalah dengan mematikan AC setiap kali Anda keluar ruangan. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun jika Anda hanya akan keluar ruangan sebentar kemudian kembali ke ruangan, maka sebaiknya Anda tidak bolak-balik menyalakan dan mematikan AC. 

Mematikan AC untuk keluar ruangan sebentar kemudian kembali masuk ruangan dan menyalakan AC justru akan membuat konsumsi listrik AC semakin boros, karena daya yang dibutuhkan saat AC pertama dinyalakan akan lebih besar dibanding saat AC sudah beroperasi lebih lama.

Rutin melakukan servis untuk AC

AC yang jarang dibersihkan akan membuat banyak debu menempel. Debu yang menempel ini akan membuat AC bekerja lebih dan membuat kompresor lebih panas yang mengakibatkan konsumsi daya listrik menjadi lebih besar. 

Untuk membuat AC bersih dari debu-debu ini, Anda harus rutin melakukan servis untuk AC Anda, terutama untuk AC yang sering digunakan setiap hari. Idealnya Anda perlu melakukan servis AC sekitar tiga bulan sekali. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menggunakan AC dan tetap menghemat daya listrik. Dengan mengetahui cara menghemat listrik tadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasang AC di rumah Anda. Saat ini ada banyak pilihan AC seperti AC Sharp 1 PK yang bisa Anda pasang di rumah. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar