Susu Formula, Alternatif saat ASI Tak Keluar Setelah Melahirkan

ASI memang sangat penting untuk bayi terutama bayi yang baru saja lahir. Namun tak dapat dipungkiri jika tak semua ibu muda bisa langsung mengeluarkan ASI setelah melahirkan. Agar bayi tetap mendapatkan nutrisi, pilihan alternatif dengan belanja Frisian Flag formula pengganti ASI serta tetap memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1. Berbahan Dasar Susu Sapi

Susu berbahan dasar selain susu sapi, memang baik dan tidak salah dikonsumsi. Namun susu ini tidak diperuntukkan untuk bayi terutama yang baru lahir. Namun jika dalam keluarga Anda ada riwayat alergi terhadap susu sapi, Anda bisa menggunakan susu sapi dengan formula hipoalergenik (hidrolisat). 
Meskipun berbahan dasar susu sapi, namun bisa digunakan untuk umur 0-6 bulan. Susu sapi dengan formula hipoalergenik memiliki kandungan protein yang telah dihidrolisis sehingga bisa dikonsumsi untuk pencernaan bayi. Susu ini bisa jadi alternatif jika ASI tak keluar setelah melahirkan. 

2. Susu Rendah atau Bebas Laktosa

Bayi yang baru lahir memiliki sistem pencernaan yang belum pernah digunakan. Maka dari itu, untuk lebih amannya susu yang diberikan adalah yang mengandung sedikit laktosa atau bahkan tanpa laktosa. Bertujuan agar mudah dicerna bayi yang baru lahir dengan sistem pencernaan belum pernah dipakai. 
Usus pada bayi yang baru lahir memungkinkan belum bisa memproduksi enzim laktase. Enzim laktase berperan memecah protein susu menjadi glukosa dan galaktosa. Pemecahan ini membuat  susu menjadi mudah dicerna. Namun untuk bayi yang baru lahir, dikhawatirkan belum bisa memproduksi enzim laktase. 

3. Kandungan Asam Lemak MCT Tinggi

Bayi yang baru lahir belum bisa diketahui, apakah sudah mampu mencerna lemak apa belum. Lebih amannya, berikan susu pada bayi baru lahir yang memiliki kandungan asam lemak MCT tinggi. Saat ini banyak susu formula yang memproduksi lemak MCT. Susu yang diperuntukkan agar bayi dapat mencerna lemak MCT dalam tubuhnya.

4. Kandungan Susu Sama dengan Kandungan ASI

Memiliki rasa dan tekstur yang mirip seperti ASI agar mudah dicerna oleh bayi. Memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi seperti peran kolostrum pada ASI. Memiliki fungsi menjaga pencernaan bayi tetap aman. Hal ini dimaksudkan karena bayi baru lahir hanya bisa mengonsumsi susu seperti ASI. 
Mengandung makro dan mikro nutrien lengkap sehingga membantu tumbuh kembang bayi dan memaksimalkan fungsi organ bayi. Kandungan pada susu formula bayi ini dapat diberikan dengan tetap memperhatikan kondisi bayi. Kenali gejala bayi yang tak bisa menerima susu formula. Gejala-gejala tersebut seperti diare, muntah, dan lainnya. 
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli susu formula untuk bayi yang baru lahir. Anda bisa melihat-lihat susu formula lainnya dengan belanja Frisian Flag di laman orami.co.id dan temukan informasi seputar bayi. Anda juga bisa melihat produk-produk bayi lainnya yang tentunya aman. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar